Download aplikasi IndoGold sekarang
Nikmati pengalaman bertransaksi emas yang mudah, aman dan terpercaya!
playstore appstore
  • Skip to primary navigation
  • Skip to main content
  • Skip to primary sidebar

Blog IndoGold

  • News
  • Promo
  • Emas
    • Analisa Emas
  • Tips Keuangan
  • Go To Indogold.id

Demi Metaverse, Microsoft Beli Activision Blizzard, Setara Rp986,46 Triliun

21 January 2022 By Blockchainmedia.id

Dunia game dibuat terperangah pada Selasa (18/1/2022) sebelum tengah malam, ketika Microsoft mengumumkan sepakat membeli perusahaan penerbit game, Activision Blizzard. Nilainya tak tanggung-tanggung, yakni US$68,7 milyar atau setara dengan Rp986,46 triliun. Microsoft juga memastikan langkah akuisisi ini demi masuk lebih dalam lagi ke bisnis metaverse. Decentraland dan The Sandbox punya persiapan apa?

Dalam keterangan resminya, Microsoft mengatakan bahwa kesepakatan itu akan memberikan tahapan baru untuk metaverse.

“Game adalah kategori paling dinamis dan menarik untuk kategori hiburan di semua platform saat ini. Game inilah yang akan memainkan peran kunci dalam pengembangan metaverse,” tegas Satya Nadella, CEO Microsoft.

Ketika transaksi akuisisi ini selesai, maka Microsoft akan menjadi perusahaan game terbesar ketiga di dunia berdasarkan pendapatan, di belakang Tencent (Tiongkok) dan Sony.

Sejak akhir Oktober 2021 lalu, Microsoft paling banyak bicara soal metaverse, selepas Mark Zuckerberg pada akhir Oktober 2021 lalu mengumumkan sepenuhnya masuk ke dunia realitas virtual interaktif itu.

Bagi Microsoft, virtual reality dan augmented reality juga diharapkan memainkan peran besar dalam metaverse di masa depan. Di sinilah Microsoft terus mengembangkan headset holografik HoloLens-nya, yang mungkin bersaing dengan Oculus milik Facebook (sekarang Meta Platforms).

Activision Blizzard sendiri sangat berpengaruh di dunia game komputer, lewat game popular, seperti seri Call of Duty, Guitar Hero, Diablo, StarCraft, Warcraft, dan Candy Crush Saga.

Sedangkan raksasa Microsoft juga termasuk pemain kunci untuk urusan hiburan audio-visual ini. Microsoft bertahan di sektor ini berkat Xbox (20 tahun). Layanan berlangganan Xbox Game Pass sudah lebih dari 25 juta anggota. Bahkan Microsoft akan memadukan game terbitan Activision Blizzard ke dalam layanan premiumnya.

Namun untuk urusan metaverse, Activision Blizzard terkesan belum punya niatan untuk masuk ke metaverse. Padahal sejumlah pesaing beratnya, sudah semakin sering bergaung berniat masuk era bisnis masa depan ini, setidaknya menyerempat ke NFT (non-fungible token). Pembuat Assassin’s Creed, Ubisoft misalnya meluncurkan game item dalam format NFT pada Desember 2021.

Sedangkan penerbit Final Fantasy Square Enix telah mengumumkan rencana untuk mengembangkan game yang berpusat pada NFT dan Electronic Arts (EA) telah mengisyaratkan minat serupa.

Zynga baru-baru ini mulai mengembangkan game bertenaga NFT, dan CEO Take-Two Strauss Zelnick mengatakan pekan lalu bahwa dia percaya bahwa ada “peluang Web3” yang akan lebih baik ditangani oleh perusahaan secara bersama-sama.

Microsoft juga tak tertinggal soal NFT. Salah satunya adala lewat perusahaan ventura M12 milik Microsoft yang berinvestasi di Palm NFT Studio, besutan ConsenSys.

Langkah raksasa Microsoft ini tentu saja menjadi tantangan teramat besar sekaligus rumit bagi Decentraland dan The Sandbox sebagai pendatang paling awal di dunia metaverse.

Walaupun kedua entitas ini berhasil menarik perhatian lebih karena unsur blockchain, kripto dan token di NFT, kombinasi Microsoft-Activision Blizzard perlu dijawab lebih jelas dengan tarikan yang lebih nyata.

Dari sana kita berspekulasi lebih majemuk, apakah pertarungan metaverse-NFT kian terbuka di ranah geoteknologi antara AS dan Tiongkok? Mengikut JD, Tencent juga sudah pasang kuda-kuda di token unik ini jelang akhir tahun lalu.

Pasalnya, Tiongkok melarang transaksi dan penambangan kripto, tetapi terbuka menjajal NFT dan Animoca Brands (entitas di balik Decentraland dan The Sandbox) ada di Hong Kong yang sepertinya jelas aman-aman saja.

Fakta Industri Game

Industri game saat ini bernilai lebih dari US$200 miliar, sebagai bentuk hiburan terbesar dan dengan pertumbuhan tercepat.

Pada tahun 2021 saja, jumlah total rilis video game naik 64 persen dibandingkan tahun 2020 dan 51 persen pemain di AS melaporkan menghabiskan lebih dari 7 jam per minggu bermain di konsol, PC, dan seluler.

Sekitar 3 miliar orang di seluruh dunia bermain game saat ini, yang diperkirakan akan tumbuh menjadi 4,5 miliar pada tahun 2030.

Lebih dari 100 juta gamer, termasuk lebih dari 25 juta anggota Xbox Game Pass, memainkan game Xbox di seluruh konsol, PC, ponsel, dan tablet setiap bulan.

Di semua game terbitan Activision Blizzard, ada hampir 400 juta pemain aktif bulanan di 190 negara.

Sumber : blockchainmedia

Filed Under: Kripto

Previous Post: « Nambah Ilmu Tentang Kripto Lewat 7 Film Ini
Next Post: Emas Ditopang Inflasi, Pasar Kripto Luluh Lantak »

Primary Sidebar

Search

News

  • Penyesuaian Operasional Dalam Rangka Peringatan Kenaikan Isa Al Masih
  • Promo Gajian Mei 2025 Diskon Hingga 50 RB
  • Blibli Big Pay Day Mei 2025 Diskon Hingga 349 Ribu
  • Penyesuaian Operasional Dalam Rangka Peringatan Hari Raya Waisak
  • Beli Emas Diskon Terus : Diskon Langsung Rp25 Ribu
Jadilah yang pertama tahu!

Jadilah yang pertama tahu tentang promo dan tips jual beli emas dengan berlangganan newsletter kami

Ikuti Kami
Tersedia Di
google play
app store
  • Perusahaan
  • Tentang Kami
  • Alamat Perusahaan
  • Layanan
  • Rencana Emas
  • Gadai Emas
  • Bantuan
  • FAQ
  • Pusat Bantuan
  • Hubungi Kami
  • Kontak Kami
  • Jam Operasional
  • Senin - Jumat
  • 08.30 - 16.00
  • Call Center
  • 021-59728611
  • support@indogold.id
  • Berita
  • News
  • Promo
  • Emas
  • Tips Keuangan
  • Komunitas
  • Discord
  • Telegram

TELAH TERDAFTAR DAN DIAWASI

logo bappebti

bappebti

No. SK. 001/BAPPEBTI/P-ED/01/2023

Anggota dari

  • icdx
  • ICH
  • logo kominfo
  • logo iso
PT Indogold Makmur Sejahtera adalah perusahaan yang terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI

Copyright © IndoGold 2025
  • Syarat & Ketentuan
  • Kebijakan Privasi
  • Refund Policy
×

Komunitas IndoGold

Siapapun bisa gabung di grup komunitas IndoGold secara gratis. Bertemu dan mengobrol banyak hal tentang investasi dengan investor lainnya.

Gabung sekarang dengan klik tombol dibawah ini!

telegram discord
© IndoGold - Hak Cipta Dilindungi oleh Undang - Undang